Pengertian OSPF


Sobat sudah pada tahu belum apa itu OSPF ? pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit sejarah OSPF dan pastinya juga saya akan membahas pengetian OSPF, cara kerjanya.Mudah-mudahan kalian puas setelah membaca artikel saya, jika ada kesalahan pada kata-kata atau apapun itu sobat bisa kritik lewat komentar, kalau bagus kalian komen juga ya, oke...

Pengertian OSPF.

Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah routing protokol standar terbuka yang di implementasikan oleh sejumlah besar vendor jaringan. OSPF termasuk dalam kategori interior Gateway Protokol yang hanya di gunkan untuk kebutuhan rouitng antar router dalam internal vendor telekomunikasi. OSPF memiliki sebuah Autonomous System (AS) yang berfungsi untuk mengelompokkan router-router yang akan berbeda dalam satu kendali dan satu strategi routing yang sama.
Baca Juga : Cara membangun jaringan Wireless menggunakan Cisco
OSPF pertama kali di kembangkan pada tahun 1987 oleh Internet Engineering Task Force (IETE) dan yang pertama kali mempublikasikan adalah OSPFv1 pada tahun 1989. Pada tahun 1991 OSPFv2 mulai di publikasikan oleh John Moy melalui RFC1247 dan juga selalu di sempurnakan.
Baca juga : Cara setting web server pada Cisco Paket Tracer

Saat ini sudah ada OSPFv3 yang di tunjuk untuk implementasikan jaringan yang menggunakan Internet Protokol Address atau IP Addrress versi 6 (IPv6). OSPFv3 di publikasikan melalui RFc2740 pada tahun 1999 yang kemudian di sempurnakan pada tahun 2008 melalui RFC5340.

Cara kerja OSPF.

OSPF bekerja dengan sebuah algoritma yang di sebut dijkstra.Pertama, sebuah pohon jalur terpendek (shortest path tree) akan di bangun, dan kemudian routing table akan di isi dengan jalur terbaik yang di hasilkan dari pohon tersebut. OSPF melakukan converge dengan cepat, meskipun tidak secepat EIGRP, dan OSPF mendukung multiple router dengan biaya (cost) yang sama, kejutan yang sama.

Comments

Post a Comment

Popular Posts